Senin, 29 November 2010

Mekanisme Penyakit

Agens penyakit, Manusia, Lingkungan

  Ditinjau dari sudut ekologis ada tiga faktor yang dapat menimbulkan suatu kesakitan, kecacatan, ketidakmampuan, atau kematian pada manusia. Tiga factor itu disebut sebagai ecological atau epidemiological triad yang terdiri atas agens penyakit, manusia, dan lingkungannya. Dalam keadaan normal, ketiga komponen tersebut atau dengan kata lain orang disebut sehat. Pada suatu keadaan saat keseimbangan dinamis tersebut terganggu, misalnya saat kualitas lingkungan hidup menurun sampai tingkatan tertentu, agens penyakit dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh manusia dan menimbulkan sakit.

Riwayat Penyakit

Riwayat alamiah perjalanan penyakit atau sering disebut sebagai natural history of disease merupakan riwayat alamiah perjalanan penyakit pada manusia yang terdiri atas:

1.    Fase Prepatogenesis
    Pada fase ini mulai terjadi gangguan keseimbangan antara agens penyakit, manusia,dan lingkungan. Di sini, kondisi lingkungan lebih menguntungkan agens penyakit dan merugikan manusia. Contoh, pencemaran udara akibat pembakaran hutan oleh peladang di musim kemarau akan menimbulkan asap tebal atau smog yang menguntungkan agens penyakit dan merugikan manusia.
2.    Fase Patogenesis
    Bila keadaan lingkungan yang mengunntungkan agens penyakit berlangsung terus-menerus dalam waktu yang cukup lama, akan timbul gejala dan tanda-tanda klinis. Manusia menjadi sakit yang selanjutnya dapat menjadi sembuh atau penyakit berjalan terus menyebabkan ketidakmampuan, cacat kronis, atau kematian.
Proses berjalan suatu penyakit terjadi dimulai sejak adanya gangguan keseimbangan antara agens penyakit, host, dan lingkungan sampai terjadinya suatu kesakitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar